Prosedur Pembelian Barang Pada Perusahaan

Sebelum masuk pada prosedur pembelian alangkah baiknya kita mengetahui apa itu pembelian. Pembelian/Purchasing/procurement/pengadaan barang dapat didefinisikan “Procurement is the business process of selecting a source, ordering, and acquiring goods or services (Bodnar dan Hopwood (2001:323)) Pendapat tersebut kurang lebih mempunyai arti: bahwa pengadaan barang adalah proses bisnis dalam memilih sumber daya-sumber daya, pemesanan dan perolehan barang atau jasa.

Berikut adalah prosedur pembelian barang dan jasa pada sebuah perusahaan :
  1. Bagian Pembelian menerima Permintaan Pembelian Barang (Purchase Request)/Surat Order barang dan Jasa dari User.
  2. Bagian Pembelian menentukan Supplier sesuai dengan kriteria barang yang tertera di Permintaan Pembelian Barang memeriksa daftar rekanan terseleksi yang dapat memenuhi barang sesuai dengan permintaan pada Form Permintaan Pembelian.
  3. Apabila daftar terseleksi untuk Supplier barang sesuai dengan permintaan pembelian belum ada, maka bagian pembelian melakukan seleksi supplier baru.
  4. Bagian Pembelian membuat Permintaan Penawaran Barang dan Jasa sesuai dengan Permintaan Pembelian, kemudian mengirimkan ke Supplier terseleksi melalui fax / email / datang langsung.
  5. Bagian Pembelian mengkonfirmasi kepada Supplier bahwa Permintaan Penawaran Barang dan Jasa telah diterima oleh Supplier, dan mengkonfirmasi batas waktu pemasukan penawaran harga.
  6. Bagian Pembelian menerima penawaran harga dari para Supplier dan melakukan evaluasi terhadap penawaran, selanjutnya dilakukan negosiasi mengenai harga, kualitas, dan waktu pengiriman, cara pembayaran terhadap Supplier yang dianggap mampu.
  7. Bagian Pembelian melakukan perbandingan harga (diperlukan minimal 3 supplier sebagai pembanding harga) dan mencari harga yang termurah dengan tetap mempertimbangkan kualitas barang, stock barang, cara pembayaran dan lama waktu pengiriman.
  8. Bagian Pembelian membuat Order Pembelian/Purchasing Order (PO) sesuai dengan hasil negosiasi selanjutnya diserahkan pada Direktur untuk persetujuan.
  9. Setelah mendapat persetujuan dari Direktur, Bagian Pembelian menyerahkan PO kepada suplier melalui fax / email / datang langsung.
  10. Bagian Pembelian mengkonfirmasi ke pihak Supplier apakah sudah menerima PO dan menayakan kapan barang yang dipesan akan dikirim.

Comments

  1. masa suyatno suka import barang gak??

    ReplyDelete
  2. Monggo yang mau sablon kaos, gelas/botol kaca, gelas plastik, gelas kertas, tas kresek, atau tas plastik.
    Melayani partai besar...
    langsung aja hubungi telp/WhatsApp 081321214310

    ReplyDelete
  3. Dengan hormat,
    Kami dari PT. Kencan Multi Indonesia, sebagai Perusahaan Jasa Kepabeanan yang menangani Customs Clearance Import via Bandara Maupun pelabuhan seluruh nusantara. Dan menyewakan Undername bagi Consigne yang belum lengkap untuk persyaratan dan izin importnya.

    Keterangan tambahan :
    1. Surat Registrasi Pabean ( NIK )
    2. Angka Pengenal Importir ( API )
    3. N P I K ( Mainan, Elektronic, Garmen, Sepatu dan Peralatan kaki lainnya )
    4. IT ( Besi Baja, Mainan, Elektronic, Garmen, Sepatu dan Peralatan kaki -
    lainnya )
    5. NPWP, SIUP, TDP & Akte Notaris
    6. Kadin & Others Sub Bidang
    7. Pengurusan Izin SIUP JPT
    8. Pengurusan Izin Sucopindo ( LS )
    9. Pengurusan Izin Label SNI ( Berbahasa Indonesia )
    10. Pengurusan Izin BPOM
    11. Pengurusan SNI
    12. Pengurusan Izin & Limbah Pabrik B3, B1, B2 & Izin Oprasionalnya
    13. Pengurusan Surat Izin Lainnya

    Product dan Service kami antara lain :
    1. Sea and Air Cargo Service
    2. Export & Import Customs Clearence Service
    3. International Courier Service
    4. Domestic Service
    5. Export Service
    6. Consigne / Undername
    7. Borongan ( All-In )
    8. Door to Door Services

    Demikianlah Penawaran Jasa ini kami ajukan, atas perhatian dan kerjasamanya yang baik kami ucapkan terima kasih.

    Hormat kami

    PUTRA
    PT. Kencana Multi Indonesia
    IEC Building Suite 112
    Jln. Jatinegara Barat No. 166H 13330 - Indonesia
    Mobile : 0852 7220 7021
    Phone : 021 857 1208
    Email : putra.kmilogistics@gmail.com
    www.kmiindonesia.com

    ReplyDelete
  4. Mas putra,info dong untuk undernamenya.... 081285183907

    ReplyDelete
  5. Mas putra,info dong untuk undernamenya.... 081285183907

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

''Semut di seberang lautan tampak, Gajah di pelupuk mata tak tampak,''

Pengertian dan Jenis Masalah

Ojo Seneng Lamis

Sikap Ksatria: Yen Wani Ojo Wedi-wedi, Yen Wedi Ojo Wani-wani