Thursday, November 17, 2011

''Semut di seberang lautan tampak, Gajah di pelupuk mata tak tampak,''

Di negeri ini banyak sekali pepatah-pepatah bijak yang dapat kita jadikan pelajaran dalam kita meniti kehidupan. Pada kesempatan ini saya akan mengurai sedikit trntang peribahasa Indonesia ''Semut di seberang lautan tampak, gajah di pelupuk mata tak tampak,''. Semut adalah binatang kecil sebangsa serangga yang hidup berkoloni sedangkan gajah adalah binatang besar yang mempunyai belali panjang.

Peribahasa ''Semut di seberang lautan tampak, gajah di pelupuk mata tak tampak,'' mengandung arti bahwa kesalahan diri sendiri tidak terlihat, kesalahan orang lain terlihat. Terkadang orang hanya suka mengkritik, mencemooh dan menjelek-jelekan orang lain tanpa berkaca kepada dirinya sendiri, seolah olah dirinyalah yang sempurna, suci dan merasa tidak pernah punya salah.

Semut yang notabene hanya binatang kecil dilihat dari seberang lautan saja jelas keliatan ini mengandung arti kesalahan orang sekecil apapun dapat dilihat sedangkan gajah binatang yang badanya sangat besar tak tampak dipelupuk mata meski berada didepannya. Memang mudah untuk mencari kesalahan dan kekurangan orang lain, tetapi untuk mencari kesalahan dan kekurangan yang dimiliki itu tidak gampang.

Untuk itu sudah seharusnya lah kita berkaca pada diri kita sendiri, apakah kita ini sudah benar-benar bersih, suci, sempurna dan lebih baik dari orang lain? kalau belum tentunya kita tak perlu mencemooh dan menjelek-jelekan orang lain. Belum tentu orang lain itu lebih baik dari kita meski orang lain tersebut pernah berbuat suatu kesalahan.. Lebih baik kita intropeksi diri dan berbuat kebaikan untuk diri kita sendiri dan sesama manusia, itu akan lebih baik mulia.


Link terkait : http://yayatsahut.blogspot.com/2011/03/podo-ngiloo-githoke-dewe.html http://yayatsahut.blogspot.com/2011/03/sapa-nandur-bakale-ngunduh.html http://yayatsahut.blogspot.com/2011/02/wingko-katon-kencono-kencono-katon.html http://yayatsahut.blogspot.com/2011/01/makna-dibalik-ungkapan-ojo-dumeh.html

0 comments:

Post a Comment