Sikap Ksatria: Yen Wani Ojo Wedi-wedi, Yen Wedi Ojo Wani-wani

Sikap ksatria merupakan kunci sebuah keberhasilan, untuk itu dibutuhkan sebuah motivasi agar kita dapat belajar memaknai hidup agar hidup kita makin berwarna. Pada kesempatan kali ini saya akan mengungkap ungkapan dari falsafah jawa "Yen Wani Ojo Wedi-wedi, Yen Wedi Ojo Wani-wani" (kalau berani jangan pernah merasa takut, kalau takut jangan pernah berani melakukannya).

Makna dari ungkapan diatas bahwasanya kita sebagai manusia harus mempunyai sifat ksatria kalu kita berani ya harus berani meskipun didepan ada aral rintangan yang meski kita hadapi apapun resikonya akan kita hadapi, begitu sebaliknya kalau kita takut jangan sesekali mencoba melakukannya. Hidup memang penuh resiko untuk itu kita jangan setengah setengah dalam melangkah "Yen Wani Ojo Wedi-wedi, Yen Wedi Ojo Wani-wani" (kalau berani jangan pernah merasa takut, kalau takut jangan pernah berani melakukannya).

Terkadang kita bimbang dan ragu dalam menentukan sikap dalam mengambil sebuah keputusan, untuk itu kita harus pikir masak-masak, jangan sampai kita jadi salah langkah karena akan berdampak pada sesuatu yang tidak kita inginkan. Hidup ini memang penuh resiko jadi tinggal kita siap atau tidak menerimnaya "yen wani ojo wedi-wedi" (kalau berani jangan pernah merasa takut) karena apapun keputusan / langkah yang kita ambil pasti ada resiko yang akan kita terima, tinggal bagaimana kita memilih dan menimbang antara manfaat dan besar resiko yang akan kita terima, akan tetapi kalau keputusan yang kita ambil masih bimbang dan bertentangan dengan hati nurani dan kita takut dengan resiko yang akan dihadapi jangan pernah berani untuk melakukannya" yen wedi ojo wani-wani" (kalau takut jangan pernah berani untuk melakukannya). Jadi orang jangan setengah-setengah dalam melangkah karena tindakan yang setengah setengah hasilnya pun pasti juga setengah-setengah.

Comments

  1. more colourfull....good jobs


    hehhehe....

    ReplyDelete
  2. tq...mana blogmu? Kok g pernah diposting?

    ReplyDelete
  3. Mas tak wehi saran falsafah iku pantes e gawe gambar wisanggeni

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

''Semut di seberang lautan tampak, Gajah di pelupuk mata tak tampak,''

Prosedur Pembelian Barang Pada Perusahaan

Pengertian dan Jenis Masalah

Ojo Seneng Lamis