Nerima Ning Ora Terima Sebagai Pemacu Semangat Hidup

Bersyukur adalah wujud dari rasa terima kasih kita terhadap sang pencipta. Tuhan telah memberikan banyak karunia kepada manusia berupa rejeki, jodoh, umur panjang, kesehatan kesempatan, dan masih banyak lagi yang diberikan Tuhan kepada manusia. Akan tetapi bagi sebagian orang hal tersebut belumlah cukup atau selalu kurang dari apa yang telah ia dapatkan sehingga manusia adanya protes kepada Tuhannya dengan melupakan rasa syukur krena hanya melihat sesuatu yang lebih wah.

Disini saya akan mengulas sedikit tentang ungkapan dalam bahasa jawa "nrima ning ora terima" yang berhubungan dengan rasa syukur kita terhadap sang pencipta. Kata "nrima" yang memiliki arti kita harus mensyukuri apa yang telah Tuhan berikan kepada kita seperti, umur panjang, jodoh, rejeki dan juga kesempatan. Apa yang ada saat ini harus kita syukuri sebagai anugerah dari yang kuasa, kita punya mata bisa untuk melihat, kita punya mulut bisa untuk bicara, kita punya tangan, kaki lengkap dan berfungsi normal dan masih banyak lagi yang bisa kita jadikan contoh dari bagian tubuh kita, semua itu wajib kita syukuri karna banyak juga dari saudara kita yang tidak seberuntung kita yang dilahirkan cacat dan serba kekurangan.

Namun disini saya mengedepankan arti "nrima" dalam hal pekerjaan atau rejeki yang kita dapatkan, meskipun kita sebagai pekerja kasar, buruh, tani, tukang becak dan lain-lain jangan lantas kita selalu mengeluh dengan menyalahkan sang pencipta dengan keadaan ini. Yang penting hasil kerja kita merupakan uang yang halal tanpa merugikan orang lain semua itu harus kita syukuri berapapun hasilnya.

Kata yang kedua adalah "ora terima" ini mengandung arti agar kita bukan hanya bersyukur tapi tanpa berusaha untuk mendapatkan yang lebih baik dari yang kita dapat saat ini. Misalkan kita mendapatkan gaji 30 ribu perhari, hasil itu harus kita syukuri karna kita sudah diberikan tuhan kesempatan mendapatkan rejeki meski hanya 30 ribu dengan tetap berpikir dan berusaha untuk dapat mendapatkan tambahan penghasilan dari apa yang telah kita dapat tanpa melupakan rasa syukur.

Dari contoh diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa ungkapan "nrima ning ora terima" itu mengandung arti bahwa apa yang telah kita miliki dan kita dapatkan hari ini wajib kita syukuri dengan tetap berusaha dan berjuang untuk mendapatkan sesuatu yang lebih baik dan lebih berguna dari apa yang telah kita dapatkan sebelumnya. Yakinlah bahwa hari esok kan lebih baik dari hari kemarin, jangan mudah menyerah.

Comments

Popular posts from this blog

''Semut di seberang lautan tampak, Gajah di pelupuk mata tak tampak,''

Prosedur Pembelian Barang Pada Perusahaan

Pengertian dan Jenis Masalah

Ojo Seneng Lamis

Sikap Ksatria: Yen Wani Ojo Wedi-wedi, Yen Wedi Ojo Wani-wani