5M Kunci Pokok Yang Harus Dipenuhi Untuk Efektivitas Sebuah Perusahaan

Manajemen, menurut suatu penelitian merupakan salah satu suku kata yang paling populer dewasa ini. Dari anak kecil sampai kakek nenek, dari pelaksana sampai direktur, dari ketua RT sampai presiden, dari yang berpendidikan sekedarnya sampai profesor masih mengatakannya, tentu saja dengan persepsinya masing masing. Kata ini sangat mudah dan merdu sekali untuk diucapkan sebagai retorika, tetapi untuk memahami dan menerapkan ternyata merupakan tantangan yang sangat berat. Manajemen menurut arti katanya adalah metode atau teknik untuk mengelola (mengatur) berbagai sumber daya supaya menjadi optimal untuk menghasilkan produk (barang, jasa, tujuan) tertentu. Makanya dalam teori manajemen, kita selalu bertemu dengan POAC (Planning, Organizing, Actuating, Controlling).

Selain itu Manajemen dalam pengertian yang berbeda berarti suatu badan yang mengelola (mengatur) suatu kegiatan apakah bisnis, pemerintahan, industri, keuangan, dan lain lain. Dalam pengertian ini manajemen adalah sekelompok individu orang dengan apa yang ada padanya (jabatan, kapasitas, pendidikan, pengalaman, keahlian, dan keahlian) dan yang telah diberi otoritas tertentu. Titik singgung dari dua pengetian manajemen tersebut di atas terletak pada kata ?Mengatur,? kata inilah yang banyak menjadi Fokus Utama dari kita. Pemahaman mengenal persepsi kata ?Mengatur? inilah yang akan menentukan apakah manajemen sebagai Teknik dan Badan akan berjalan efektif atau tidak, apakah menjadikan sesuatu lebih baik atau sebaliknya menjadi lebih buruk.

Dalam setiap proses manajemen akan selalu melibatkan berbagai aspek, biasanya dituliskan dalam bentuk 5M. 5M adalah istilah yang merujuk pada faktor produksi utama yang dibutuhkan oleh suatu organisasi agar dapat beroperasi secara maksimal. Dalam bahasa Inggris biasa dikenal dengan istilah Model 5 M.

Isi dari model 5M adalah :

  1. Man (Manusia), merujuk pada manusia sebagai tenaga kerja.
  2. Machines (Mesin), merujuk pada mesin sebagai fasilitas/alat penunjang kegiatan perusahaan baik operasional maupun nonoprasional.
  3. Money (Uang/Modal),merujuk pada uang sebagai modal untuk pembiayaan seluruh kegiatan perusahaan.
  4. Method (Metode/Prosedur), merujuk pada metode/prosedur sebagai panduan pelaksanaan kegiatan perusahaan.
  5. Materials (Bahan baku), merujuk pada bahan baku sebagai unsur utama untuk diolah sampai menjadi produk akhir untuk diserahkan pada konsumen.
Dari kelima pilar tersebut tidak bisa dipisahkan antara satu dengan yang lain, semua aspek harus dipenuhi agar perusahaan dapat berjalan optimal. Tidak dapat dipungkiri bahwa Money (Uang/Modal) adalah usur utama yang harus dipenuhi untuk dapat mebayar Man (Manusia), membeli Machines (Mesin) dan Materials (Bahan baku), dari keempat aspek tersebut tidak akan berjalan optimal kalau tidak ada Method (Metode/Prosedur).

Apabila dari kelima pilar tersebut tidak terpenuhi mustahil perusahaan akan berjalan lancar bisa jadi akan mengalami kerugian yang padi akhirnya kolap. Dari kelima pilar diatas yang paling utama adalah Money (Uang/Modal) meski tidak terlepas dari keempatnya. Apabila terpenuhi dari segi modal tanpa ada Method (Metode/Prosedur) yang benar serta kedisiplian dari segala hal mustahil perusahaan akan berjalan maju.

Apabila dari kelima pilar tersebut telah terpenuhi, tinggal bagaimana sistem pengelolaanya. Perusahaan yang maju pasti memiliki sistem manajemen yang bagus pula. Manajemen yang perlu diperhatiakn antara lain adalah sebagai berikut:
  1. Manajemen Keuangan
  2. Manajemen Produksi
  3. Manajemen Mutu
  4. Manajemen Logistik
  5. Manajemen Pemasaran
  6. Manajemen Sumber Daya Manusia
  7. Manajemen Strategis
  8. Manajemen Resiko
Apabila dari semua manjemen diatas bisa di aplikasikan dengan konsiten maka efektivitas perusahaan pasti akan tercapai dan membawa kemajuan dan keuntungan yang maksimal sehingga perusahaan / organisasi akan bisa tetap eksis bersaing dengan perusahaan / organisasi lain.





Comments

  1. Terima kasih sangat membantu sekali tugas kuliah saya. silahkan mampir2 ke blog saya juga di www.lapakonlinemalang.com

    www.LapakOnlineMalang.com

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

''Semut di seberang lautan tampak, Gajah di pelupuk mata tak tampak,''

Prosedur Pembelian Barang Pada Perusahaan

Pengertian dan Jenis Masalah

Ojo Seneng Lamis

Sikap Ksatria: Yen Wani Ojo Wedi-wedi, Yen Wedi Ojo Wani-wani