Mahadaya Cinta

Cinta adalah sebuah perasaan yang ingin membagi bersama atau sebuah perasaan afeksi terhadap seseorang. Pendapat lainnya, cinta adalah sebuah aksi/kegiatan aktif yang dilakukan manusia terhadap objek lain, berupa pengorbanan diri, empati, perhatian, memberikan kasih sayang, membantu, menuruti perkataan, mengikuti, patuh, dan mau melakukan apapun yang diinginkan objek tersebut (Sumber Wikipidia)

Asmaradana atau Asmarandana adalah salah satu tembang macapat. Tembang asmaradana umumnya dinyayikan untuk orang yang lagi kasmaran. Secara harfiah Asmarandana di ambil dari kata asmara yang artinya cinta, dan dahana yang artinya api. Maka dari itu , Asmarandana isinya adalah ungkapan untuk orang yang lagi kasmaran dan lain sebagainya yang berhubungan dengan cinta. (Asmaradana utawa Asmarandana iku sawijining jenis tembang macapat. Tembang Asmarandana umume kanggo wong sing lagi gandrung kapirangu. Yen dideleng wantah, Asmarandana dijupuk seka asmara kang artine tresna, lan dahana kang artine geni. Mula saka kuwi, Asmarandana isine wuyung lan samubarang kang magepokan karo tresna).

Berikut saya contohkan untuk contoh tembang Asmaradana:

Gegaraning wong akrami
Dudu bandha dudu rupa

Amung ati pawitané

Luput pisan kena pisan
Lamun gampang luwih gampang
Lamun angèl, angèl kalangkung

Tan kena tinumbas arta


Artinya kurang lebih :
Pegangan orang berumah tangga Bukan harta bukan penampilan Hanya kemantapan hati modalnya Jodoh ditakdirkan sekali seumur hidup Bila sudah ditakdirkan semua akan terasa mudah Namun bila belum ditakdirkan semua sukar terlaksana, bahkan semua tidak bisa dibeli dengan uang.

Comments

Popular posts from this blog

''Semut di seberang lautan tampak, Gajah di pelupuk mata tak tampak,''

Prosedur Pembelian Barang Pada Perusahaan

Pengertian dan Jenis Masalah

Ojo Seneng Lamis

Sikap Ksatria: Yen Wani Ojo Wedi-wedi, Yen Wedi Ojo Wani-wani