Cecak Nguntal Cagak

Cecak nguntal cagak adalah peribahasa jawa, Cecak yang dalam bahasa indonesia adalah cicak binatang yang biasanya merayap di dinding (seperti lagu anak-anak itu lho). Nguntal dalam bahasa Indonesia adalah makan. Sedangkan cagak dalam bahasa indonesia adalah tiang yang dipakai untuk menompang rumah yang biasanya terbuat dari kayu atau beton cor.

Cecak nguntal cagak mengandung arti menginginkan hal yg tak mungkin/tidak sesuai dengan kemampuannya. Apakah mungkin seorang cicak yang mempunyai badan sangat kecil menelan/memakan tiang? Tidak mungkin kan? Cicak kan biasanya memakai tiang untuk merayap jadi sangatlah mustahil seekor cicak bisa memakan tiang (cecak nguntal cagak)

Dari peribahasa tersebut dapat diibaratkan seseorang yang menginginkan sesuatu tanpa melihat kemampuannya sendiri yang mustahil dapat ia kerjakan. Sudah seharusnyalah seseorang itu melihat dan mengetahui kemampuannya sendiri dan tidak memaksakan sesuatu yang mustahil di lakukan.

Cecak nguntal cagak dalam peribahasa indonesia maknanya hampir mirip dengan peribahasa besar pasak dari pada tiang dimana pendapatan itu lebih kecil daripada pengeluaran. Kegagalan kondisi keuangan kita, baik personal maupun institusi, biasanya karena kegagalan memahami pasak dan tiang. Sebaliknya, kesuksesan seseorang justru karena kemampuan memahami pasak dan tiang tadi.

Oleh karena itu kita harus pandai-pandai melihat, mengukur dan menimbang seberapa kemampuan kita agar semua yang kita harapkan dapat terlaksana sesuai dengan yang diinginkan. Berarti untuk melakukan sesuatu haruslah kita pertimbangkan dengan kemampuan yang kita miliki, jangan sampai terlalu dipaksakan yang pada akhirnya semua akan berhenti ditengah jalan.

Comments

Popular posts from this blog

''Semut di seberang lautan tampak, Gajah di pelupuk mata tak tampak,''

Prosedur Pembelian Barang Pada Perusahaan

Pengertian dan Jenis Masalah

Ojo Seneng Lamis

Sikap Ksatria: Yen Wani Ojo Wedi-wedi, Yen Wedi Ojo Wani-wani