Anak Polah Bapa Kepradah

Banyak peribahasa dalam bahasa jawa yang dapat kita ambil untuk kita jadikan pelajaran. Untuk kali ini saya akan membahas peribahasa jawa yaitu "Anak polah bapa kepradah". Anak polah bapa kepradah mengandung arti bahwa apapun yang dilakukan si anak, pasti imbasnya tetap ke orang tua yang akan menanggung, hal itu terlepas dari perbuatan baik atau perbuatan buruk.

Biasanya peribahasa ini dipakai untuk konotasi yang negatif tentang perilaku si anak, entah dia bandel, suka menipu, suka mengambil milik orang lain, dan masih banyak lagi contoh negatif yang dapat kita ambil dari lingkungan sekitar kita. Apapun perbuatan buruk si anak akan berimbas ke orangtuanya meskipun dari si orang tua tidak pernah mengajarkan ke anak-anaknya untuk melakukan tindakan yang salah dan keliru yang menyimpang dari aturan atau norma yang berlaku dimasyarakat.

Sebagai contoh ada anak yang suka mengambil milik orang lain sedang tertangkap basah mengambil uang milik tetangga sebelahnya. Setelah tertangkap pasti orang-orang menayakan anak siapa? tinggal dimana? dalam kontek ini mungkin si orang tua dari si anak tadi tidak pernah menyuruh bahkan mengajarkan kepada anaknya untuk mengambil barang yang bukan miliknya (dalam kontek ini uang), tetapi orang tua pun pasti akan terkena imbas dari masalah ini, orang bahkan ikut-ikutan menyalahkan si orang tuanya juga, dikira si orang tua tidak bisa mendidik anak sehingga berperilaku kurang baik di masyarakat.

Terlepas baik atau buruknya orang tua dalam mendidik anak, bahwa mental si anak terdidik bukan hanya dari dalam keluarga saja tetapi mental si anak dapat terbentuk dari lingkungan ia tinggal, dari teman bergaul, dan juga dari keadaan yang membuatnya berbuat nekat untuk mendapatkan uang karena mungkin si orang tua jarang meberinya uang karena keterbatasan ekonomi si orang tua.

Apapun alasannya anak berperilaku kurang baik tetap juga imbasnya orang tua yang menangung. Pastilah orang tua yang akan disalahkan terlebih dahulu karena Anak Polah pasti Bapa Kepradah.

Comments

Popular posts from this blog

''Semut di seberang lautan tampak, Gajah di pelupuk mata tak tampak,''

Prosedur Pembelian Barang Pada Perusahaan

Pengertian dan Jenis Masalah

Ojo Seneng Lamis

Sikap Ksatria: Yen Wani Ojo Wedi-wedi, Yen Wedi Ojo Wani-wani