Peribahasa Nandur Pari Tukule Suket Teki




Selamat datang di Blog saya para sahabat semua, setelah sekian lama vakum kali ini saya akan mengulas sedikit tentang arti dan makna dari peribahasa "Nandur Pari Tukule Suket Teki". Bagi orang Jawa mungkin peribahasa ini sudah tidak asing lagi terdengar meski belum semua tahu arti peribahasa ini, Mungkin bagi para Fans Didi Kempot "The Godfather of Broken Heart" di seluruh tanah air yang menamakan dirinya Sobat Ambyar, Kempoters, Sad Boys maupun Sad Girls mungkin tidak asing dengan istilah ini karena dijadikan salah satu judul lagu “ Suket Teki”. Lagu ini sangat terkenal dan sering dinyanyikan di setiap konser almarhum Didi Kempot ….” Tak tandur pari jebul tukule malah suket teki" ini merupakan cuplikan dari lirik lagu yang berjudul Suket Teki.

Nandur dalam bahasa jawa berarti menanam, pari dalam bahasa jawa berarti padi, tukul memiliki arti tumbuh dan suket teki artinya rumput teki. Rumput Teki adalah sejenis tanaman gulma (tanaman pengganggu) yang tumbuh liar dan dapat mengganggu tanaman dilahan pertanian. Jadi peribahasa nandur pari tukule suket teki kalau dalam Bahasa Indonesia kurang lebih maknanya Menanam padi tumbuhnya rumput teki. 

Dalam istilah jawa nandur pari tukule suket teki mengandung arti kita menanam kebaikan namun keburukan yang kita dapatkan / menanam kebaikan dibalas dengan keburukan, mungkin jika di dalam Bahasa Indonesia mempunyai arti yang kurang lebih sama. Kita sebagai manusia wajib untuk berbuat baik dan membalas budi baik seseorang dengan kebaikan pula. Apapun balasannya yang terpenting kita harus berprinsip menamam kebaikan entah apapun yang akan kita tuai. Yang pasti orang yang menanam padi akan tumbuh padi meskipun ada beberapa yang tumbuh rumput, namun sebaliknya orang yang menanam rumput mustahil akan tumbuh padi. 

Jadi dari sini dapat kita simpulkan kita harus berbuat baik kepada semua orang apapun balasannya, orang yang berbuat baik pasti akan mendapatkan kebaikan meskipun terkadang ada beberapa yang membalas dengan keburukan, namun berbuat buruk kepada semua orang mustahil kita akan mendapatkan kebaikan dari perbuatan kita.

Comments

Popular posts from this blog

''Semut di seberang lautan tampak, Gajah di pelupuk mata tak tampak,''

Prosedur Pembelian Barang Pada Perusahaan

Pengertian dan Jenis Masalah

Ojo Seneng Lamis

Sikap Ksatria: Yen Wani Ojo Wedi-wedi, Yen Wedi Ojo Wani-wani