Teknik Tata Cara Kerja Untuk Mendapatkan Sistem Kerja Terbaik

Teknik dan tata cara kerja sangat menentukan berhasil atau tidaknya suatu perusahaan. Teknik tata cara kerja (Sutalaksana,1979;6) adalah suatu ilmu yang terdiri dari teknik-teknik dan prinsip-prinsip untuk mendapatkan rancangan (design) terbaik dari sistem kerja. Teknik-teknik dan prinsip-prinsip ini digunakan untuk mengatur komponen-komponen sistem kerja yang terdiri dari manusia dengan sifat dan kemampuan-kemampuannya, bahan, perlengkapan dan peralatan kerja, serta lingkungan kerja sedemikian rupa sehingga dicapai tingkat efisiensi dan produktifitas yang tinggi yang diukur dengan waktu yang dihabiskan, tenaga yang dipakai serta akibat-akibat psikologis dan sosiologis yang ditimbulkan.

Yang dicari dari teknik-teknik dan prinsip-prinsip dari sistem kerja yang terbaik yaitu yang memiliki efisiensi dan produktifitas yang tinggi. Sistem kerja itu sendiri  tertdiri dari 4 komponen yaitu manusia, bahan, perlengkapan, dan peralatan, seperti mesin dan perkakas pembantu, lingkungan kerja seperti ruangan dan udara dengan keadaan pekerjaan-pekerjaan lain di sekelilingnya. Artinya komponen itulah yang mempengaruhi  efisiensi dan produktifitas kerja. Dengan menggunakan teknik-teknik dan pronsip-prinsip diatas, komponen-komponen ditaur sehingga berada dalam suatu komposisi yang memungkinkan tercapainya tujuan tadi.

Ada empat kriteria yang dipandang sebagai pengukur yang baik tentang kebaikan susatu sistem kerja yaitu waktu, tenaga psikologis dan sosiologis. Artinya suatu sistem kerja dinilai baik jika sistem ini memungkinkan waktu penyelesaian sangat sedikit dan akibat-akibat peikologis dan sosiologis yang ditimbulkan sangat minim. Berdasarkan kriteria-kriteria inilah alternatif  sistem kerja dibandingkan satu terhadap lainnya. Semakin murah semakin baiklah sistek kerja yang bersangkutan. Dengan kata lain perkataan semkin efisien semakin baiklah sistem kerja. 





Comments

Popular posts from this blog

''Semut di seberang lautan tampak, Gajah di pelupuk mata tak tampak,''

Prosedur Pembelian Barang Pada Perusahaan

Pengertian dan Jenis Masalah

Ojo Seneng Lamis

Sikap Ksatria: Yen Wani Ojo Wedi-wedi, Yen Wedi Ojo Wani-wani